Tugas Pokok dan Fungsi

Berdasarkan Perbup 45/2016

Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Kesehatan

Dinas Kesehatan merupakan unsur pelaksana urusan pemerintah bidang kesehatan, di pimpin seorang kepala dinas yang berada dibawah dan betangung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah yang mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai berikut :

Tugas Pokok :

Mempunyai tugas membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintah di bidang kesehatan yang menjadikan kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang diberikan kepada daerah.

Fungsi :

  1. Perumusan dan penetapan visi, misi dan rencana strategis Dinas Kesehatan.
  2. Perumusan dan penetapan kebijakan di bidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan keshatan, kefarmasian, alat kesehatan dan perbekalan kesehatan rumah tangga serta sumber daya kesehatan.
  3. Pelaksanaan kebijakan di bidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan keshatan, kefarmasian, alat kesehatan dan perbekalan kesehatan rumah tangga serta sumber daya kesehatan.
  4. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan keshatan, kefarmasian, alat kesehatan dan perbekalan kesehatan rumah tangga serta sumber daya kesehatan.
  5. Pengkoordiniran pelaksanaan tugas, pembinaan dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Dinas Kesehatan.
  6. Pengelolaan barang milik daerah yang menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan.
  7. Pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkupnya.
  8. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.