Rakor Pembentukan 119

jerri telah dibaca : 10 kali

Dalam rangka membentuk tim PSC (Public Safety Center) Dinkes Kab.Lahat laksanakan Rapat Koordinasi. TIM PSC 119 merupakan layanan cepat dalam keadaan sehari-hari maupun bencana bidang  kesehatan yakni penanganan pasien  gawat darurat yang melibatkan pelayanan Pra Rumah Sakit, di Rumah Sakit maupun antar Rumah Sakit. Penanganan  keadaan  darurat dengan sistem  Penanggulangan  Darurat Terpadu (SPGDT)   yang diatur dengan  Kepres Nomor 4 Tahun 2013.  Untuk mempercepat penanganan dan pertolongan pada korban yang membutuhkan penangan segera. Layanan ini terintegrasi dengan lintas sektor dan program yan terkait untuk membantu penangan kesehatan terhadap masyarakat yang tidak hanya berhubungan dengan kecelakaan tetapi juga dalam kondisi-kondisi dimana masyarakat memerlukan bantuan Kesehatan. Dinia Yunita, S.Psi., M.Kes selaku narasumber dari provinsi dalam Rakor PSC menyatakan bahwa layanan ini sudah lama dicanangkan oleh Kemenkes RI dan untuk Provinsi Sumatera Selatan sampai dengan saat ini baru ada 4 PSC yang telah terbentuk dan beroperasi yakni PSC Provinsi, Prabumulih, OKU dan Lubuk Linggau.

Bidang Pelayanan Kesehatan selaku leading sector kegiatan ini telah melakukan upaya penyiapan dokumen-dokumen yang terkait dengan pembentukan  PSC Kabupaten Lahat seperti Penetapan Nomor Telepon  utama yang akan didaftarkan ke Nasional Comando Center (NCC) Pusat, Nomor telpon  Jejaring  PSC pada 33 Puskesmas di Kabupaten Lahat dan nomor telepon Rujukan  lanjutan yaitu RSUD Lahat dan RS DKT  serta menyiapkan personil untuk membentuk tim tersebut. Panhar, SE selaku kasi rujukan yang menangi pembentukan PSC 119 mengatakan saat ini dokumen pendukung untuk pembentukan telah rampung dan tinggal di kirim ke Provinsi dan Kemenkes RI.

Acara ini di buka oleh Sekretaris Dinkes Kab. Lahat Bapak Ponco Wibowo, SKM., MM didampingi oleh Kabid Pelayanan Kesehatan Darsya Alam, SKM dan Kabid SDK M.Kazrin Faruk, SKM., MM diikuti oleh peserta dari Akper Pemda Lahat seksi seksi yang terkait di Lingkungan Dinkes Kab. Lahat.

Jerri/12/10/17


Monev Surveilans AFP

Sambut Surveyor

Dinkes Terima Enumerator RISNAKES 2017

Revisi Perda Retribusi

Rapat Koordinasi POPM Kaki Gajah


Tinggalkan Komentar
0 Komentar :