PENCANANGAN BULAN ELIMINASI KAKI GAJA (BELKAGA)

jerri telah dibaca : 1675 kali

Lahat, Sabtu 8 Oktober 2016

Program pemberian obat massal pencegahan penyakit kaki gajah (Filariasis) pada bulan eliminasi kaki gajah (Belkaga) digelar oleh Bupati Lahat.

“Hari ini kita mulai mensosialisasikan program pemberian obat massal pencegahan penyakit kaki gajah pada bulan elimasi kaki gajah (Belkaga),” ungkap Sekda Kabupaten Lahat mewakili Bupati Lahat H. Syaifudin Aswari Riva’i, SE membuka kegiatan sosialisasi dan advokasi bulan eliminasi kaki gajah (Belkaga) yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat, Sabtu (08/10) di Lapangan Olah Raga Perumnas Griya Selawi Lahat.

“Marilah kita minum obat bersama, untuk Indonesia bebas penyakit kakai gajah pada umumnya dan Kabupaten Lahat pada khususnya Tahun 2020,”.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Lahat dr. H. Rasyidi Amri MT., MKM dalam kesempatan ini mengatakan program pemberian obat massal pencegahan penyakit kaki gajah pada bulan elimasi kaki gajah (Belkaga) ini sebagai momen dimulai acara ini.“ Pemberian obat pencegah massal (POPM) penyakit kaki gajah (Filariasis) ini merupakan upaya memutuskan mata rantai penularannya,” katanya. Dijelaskannya,

Sasaran dalam POPM ini adalah semua penduduk di daerah endemis Filariasis yang berumur 2-70 tahun, namun kegiatan ini ditunda sementara bagi penduduk yang berumur dibawah 2 tahun, ibu hamil, penderita gangguan fungsi hati, penderita gangguan fungsi hati, penderita epilepsi, sedang sakit berat, penderita kronis Filariasis dalam serangan akut, serta anak dengan marasmus.

“Kaki gajah ini merupakan penyakait menular menahun, disebabkan oleh cacing filaria dan ditularkan melalui nyamuk,” tukasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Dirjen P2 Kemekes RI, Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Selatan, Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah KabupatenLahat, Polres Lahat, Dandim 0405, Camat se-Kabupaten Lahat, Para Lurah, Pimpinan UPT Puskesmas, Para Kepala Desa serta tamu undangan lainnya

jerri81


Seremonial penyambutan surveyor Akreditasi

H1 survey Akreditasi Puskesmas Bandar Jaya

Pemenang LBS 2017

Lomba Balita Sejahtera (LBS) 2017


Tinggalkan Komentar
1 Komentar :

Pembicara Internet Marketing

15 Nopember 2017 - 13:59:05

Terimakasih informasinya, sangat bermanfaat.