Lomba Balita Sejahtera (LBS) 2017

jerri telah dibaca : 395 kali

Dalam rangka meningkatkan kualitas manusia Indonesia melalui upaya pembinaan dan pengembangan kesehatan sejak dini, dan untuk mendeteksi tumbuh kembang anak balita, dimana anak balita merupakan salah satu aset bangsa yang sangat berharga dalam menentukan kelangsungan hidup dan kejayaan bangsa di masa mendatang, yang mempunyai hak dan kebutuhan akan zat-zat bergizi, kesehatan, bermain, kebutuhan emosional, pengembangan moral, pendidikan serta lingkungan keluarga dan sosial yang mendukung kelangsungan hidup, tumbuh kembang dan perlindungannya.  Dan Untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian orang tua, keluarga dan masyarakat perlu diupayakan suatu kegiatan promotif dan inovatif, melalui Lomba Balita Sejahtera (LBS) tahun 2017.

LBS diikuti oleh 66 orang, peserta berasal dari perwakilan 33 Puskesmas di wilayah Kabupaten Lahat, dengan kategori lomba yakni kategori I (6-23 bulan) sebanyak 33 orang peserta, Kategori II (24-59 orang ) 33 orang peserta. Juri dalam lomba untuk melihat kesehatan anak dr. Hidayati, Sp.A., M. Kes, melihat tumbang dengan pengukuran antropometri dan status gizi oleh Seksi KIA-Gizi, melihat motorik, sensorik dan psikologi anak oleh Asih Winarsih, S.Psi., P,si, pertumbuhan gigi drg. Annisa, dan melihat pola asuh dan keharmonisan keluarga oleh TP.PKK. Kegiatan dilaksanakan di Pendopan Rumah Dinas Bupati Lahat, Sabtu 22 April 2017.

Bupati Lahat yang dalam sambutannya diwakili Sekda Kab. Lahat Bapak H. Nasrun Aswari, SE., MM mengatakan bahwa Pemerintah harus memberikan lingkungan sosial, pendidikan dan tata pergaulan yang ramah bagi anak-anak dengan itu anak-anak dapat tumbuh dan berkembang.

Ketua TP PKK Kab. Lahat Bunda Lisa Aswari, dalam sambutannya mengatakan LBS adalah program Nasional yang rutin dilakukan setiap tahun. Dengan adanya kegiatan ini  diharapkan dapat menciptakan balita-balita yang sehat, yang sejak dini terpantau tumbuh kembangnya melalui Poyandu dan BKB, oleh karena itu beliau mengajak PKK, kader dan masyarakat untuk lebih aktif.

(Jerri/22/4/17).



Tinggalkan Komentar
0 Komentar :