Lahat Terima 12 Orang Dokter Internsip

jerri telah dibaca : 14 kali

Serah terima Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) dilaksanakan di ruang pertemuan Dinas Kesehatan Kab. Lahat Selasa, 14 November 2017. Penyerahan dilaksanakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan yang diwakili oleh Kepala Bidang SDK Drs. Muhammad Rizal, S.Farm., Apt kepada Kepala Dinas Kesehatan Kab.Lahat yang diwakili oleh Sekretaris Dinkes Kab. Lahat Ponco Wibowo, SKM., MM didampingi oleh Kabid SDK Dinkes Kab.Lahat M. Kazrin Faruk., SKM., MM, dan Kasi SDM Hiriansah., MM., MH., M.Si.

Kabid SDK Dinkes Prov Sumsel Drs. Muhammad Rizal, S.Farm., Apt dalam sambutannya menyampaikan bahwa serah terima dilaksanakan berdasarkan Surat Penugasan Kepala Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan SDM Kesehatan Kemenkes RI nomor : DG.02.04/2/2910/2017 tanggal 31 Oktober 2017 yang berjumlah 12 orang dokter.  Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Indonesia.  Dimana salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan kemahiran dan pemandirian dalam melaksanakan praktik kedokteran maka diperlukan proses pelatihan keprofesian pra-registrasi. Proses ini dikenal di berbagai negara sebagai program internship atau housemanship.

Internsip adalah Proses pemantapan mutu profesi dokter untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan, secara terintegrasi, komprehensif, mandiri serta menggunakan pendekatan kedokteran keluarga dalam rangka pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik di lapangan. Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) dilaksanakan selama 1 (satu) tahun, yaitu 8 bulan di Rumah Sakit dan 4 bulan di Puskesmas. Legal penyelenggaraan program internsip dokter di Indonesia adalah Peraturan Menteri kesehatan Republik Indonesia No.299/Menkes/Per/II/2010 tentang Penyelengaraan Program Internsip dan Penempatan Dokter Pasca Internsip.

Kepala Dinas Kesehatan Kab.Lahat yang diwakili oleh Sekretaris Ponco Wibowo, SKM., MM dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf bapak Kadin yang tidak dapat hadir bersama pada saat ini, selanjutnya Sekdin menyampaikan selamat datang kepada 12 orang dokter internsip di Kabupaten Lahat, yang dalam penugasannya telah ditentukan di Puskesmas Kota Agung dan RSUD Lahat, beliau menghimbau agar para dokter internsip yang berasal dari luar daerah dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan baik di lingkungan kerja Puskesmas, RS dan juga kepada masyarakat. Manfaatkan  kesempatan yang ada belajar bekerja sambil menikmati destinasi wisata yang ada di Kabupaten Lahat yang terkenal dengan megalit dan air terjun. Selanjutnya selama penugasan dokter internsip akan didampingi dan diawasi oleh Dokter Pendamping yakni dr. Setyo Tri Utomo (Puskesmas Kota Agung) dan dr. Patsiwi Ramadahani., M.Kes (RSUD Lahat).

Jerri (14/11/2017)


Pelaksanaan Analisis Situasi Integrasi Perencanaan dan Penganggaran KIA dan KB Berbasis Hak di Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan

Latih JURIM

Apel Bersama Dinkes dan Puskesmas

LAHAT KAMPANYEKAN GERMAS HIDUP SEHAT

Rakor Pembentukan 119


Tinggalkan Komentar
0 Komentar :