DINKES KAMPANYEKAN GERMAS

jerri telah dibaca : 199 kali

Bertempat di studio Radio Seganti Setungguan 88,6 FM Lahat Rabu, 10 Mei 2017 Kadinkes dr. H. Rasyidi Amri MT, M.KM kampanyekan GERMAS.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.


GERMAS dapat dilakukan dengan cara: Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban. Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: 1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, 2) Mengonsumsi buah dan sayur; dan 3) Memeriksakan kesehatan secara rutin.

Tiga kegiatan tersebut dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dilakukan saat ini juga, dan tidak membutuhkan biaya yang besar GERMAS merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

jerri/16/5/2017


Kadinkes Briefing CPNS

TIM VISITASI FASYANKES TINJAU OPTIK

Puskesmas Bandar Jaya terima Peserta Kaji Banding dari Kota Pagar Alam

Rapat Koordinasi Bulanan Dinkes dan Puskesmas

Apel Bersama Bangun Komunikasi Konsulidasi dan Koordinasi


Tinggalkan Komentar
0 Komentar :